Kami akan Terus Membelamu, Wahai Ibu Kami, ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa

Siapa tidak mengenal Ummul Mukminin ‘Aisyah ash-Shiddiqoh binti Abu Bakar ash-Shiddiq rodhiyallohu ‘anhumaa? Sungguh pulpen ini lemah dan tidak mampu mengungkapkan tentang Ummul Mukminin ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa setelah Alloh Ta’ala menurunkan wahyu tentang beliau, wahyu yan...g dibaca sepanjang masa. Apakah ada kalimat yang lebih baik, yang lebih benar dan yang lebih sempurna dari kalimat Alloh Robbul ‘Alamin??!

Namun, karena masih ada saja orang-orang yang memakan daging wanita yang disucikan Alloh dari tujuh lapis langit, oleh karena itu kami sajikan kepada pembaca budiman tulisan ini sebagai bentuk pembelaan terhadap kehormatan Ibu kami, Ibu Kaum Mukminin -’Aisyah binti Abu Bakar- sebagai wujud pelaksanaan apa yang disebutkan Alloh dalam al-Qur’an yang mulia:

١٦٤. وَإِذَ قَالَتْ أُمَّةٌ مِّنْهُمْ لِمَ تَعِظُونَ قَوْماً اللّهُ مُهْلِكُهُمْ أَوْ مُعَذِّبُهُمْ عَذَاباً شَدِيداً قَالُواْ مَعْذِرَةً إِلَى رَبِّكُمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata, “Mengapa kamu menasihati kaum yang Alloh akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?” Mereka menjawab, “Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Robb kamu[1], dan supaya mereka bertakwa.” (QS al-A’roof: 164)

Ummul Mukminin, Sayyidah ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa dan Manaqib (berbagai kemuliaan) beliau:

Beliau adalah ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa, Ummul Mukminin (ibu kaum mukminin), binti Kholifah (pengganti) Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam -Abu Bakar- Abdulloh bin Abi Qohafah rodhiyallohu ‘anhu. ‘Aisyah adalah istri Rosululloh dan wanita ini yang paling paham tentang agama secara mutlak. Tidak ada pada umat Muhammad seorang wanita yang lebih berilmu daripada beliau rodhiyallohu ‘anhaa.
Di antara kemuliaannya:

1. Satu-satunya Istri Nabi yang dinikahi beliau dalam keadaan perawan
Beliau dilahirkan pada tahun kelima setelah Nabi Muhammad diangkat sebagai Nabi dan Rosul Alloh. Ketika beliau berusia enam tahun beliau dipinang oleh Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam dan pada usia sembilan tahun baru ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa dinikahi oleh beliau tepatnya pada tahun kedua hijriyyah. Ketika Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam wafat, usia beliau 18 tahun dan beliau adalah satu-satunya wanita perawan yang dinikahi oleh Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, karena telah diketahui bahwa semua istri Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam adalah para janda. Wanita yang mulia dan dimuliakan Alloh ini pernah bertanya kepada suami yang paling dicintainya tentang masalah keperawanan ini; ‘Aisyah berkata:

قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ، أَرَأَيْتَ لَوْ نَزَلْتَ وَادِيًا وَفِيْهِ شَجَرَةٌ قَدْ أُكِلَ مِنْهَا، وَوَجَدْتَ شَجَرًا لَمْ يُؤْكَلْ مِنْهَا، فِي أَيِّهَا كُنْتَ تُرْتِعُ بَعِيْرَكَ؟ قَالَ: فِي الَّذِي لَمْ يُرْتَعْ مِنْهَا. تَعْنِي أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَتَزَوَّجْ بِكْرًا غَيْرَهَا.

Aku berkata, “Wahai Rosululloh, bagaimana pandanganmu sekiranya engkau turun di sebuah lembah dan di sana terdapat sebuah pohon yang telah dimakan darinya, dan engkau menjumpai sebuah pohon yang lain yang belum dimakan darinya, maka pada pohon yang manakah engkau memberi makan untamu?” “Pada pohon yang belum pernah digunakan darinya”, tukas beliau. Yang beliau maksud bahwasanya Rosululloh belum pernah menikah dengan wanita perawan selainnya.[2]

2. Pernikahan Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam dengan beliau berdasarkan wahyu Alloh
Pernikahan Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam dengan beliau bukan sembarang pernikahan, akan tetapi perintah dari Alloh Subhanahu wa Ta’ala, sebagaimana hal tersebut dikisahkan oleh wanita yang jujur ini rodhiyallohu ‘anhaa dalam Shohih Bukhori bahwasanya Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

أُرِيْتُكِ فِي الْمَنَامِ ثَلاَثَ لَيَالٍ؛ جَاءَنِي بِكِ الْمَلَكُ فِي سَرَقَةٍ مِنْ حَرِيْرٍ فَيَقُوْلُ: هَذِهِ امْرَأَتُكَ، فَأَكْشِفُ عَنْ وَجْهِكِ، فَإِذَا أَنْتِ هِيَ، فَأَقُوْلُ: إِنْ يَكُ هَذَا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ يُمْضِهِ.

“Engkau ditampakkan padaku dalam mimpi selama tiga malam[3]; seorang malaikat datang membawamu dengan mengenakan pakaian sutra putih, lalu malaikat itu berkata, ‘Ini adalah istrimu’, maka aku menyingkap wajahmu dan ternyata engkau, lalu kukatakan, ‘Seandainya mimpi ini datangnya dari Alloh, pasti Dia akan menjalankannya’.”[4]

3. Ummul Mukminin ‘Aisyah adalah istri yang paling dicintai Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam
‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa adalah istri yang paling dicintai Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam, dengarlah ungkapan Amr bin al-’Ash rodhiyallohu ‘anhu berkata:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَهُ عَلَى جَيْشِ ذَاتِ السَّلاَسِلِ فَأَتَيْتُهُ، فَقُلْتُ: أَيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَيْكَ؟ قَالَ: عَائِشَةُ. فَقُلْتُ: مِنَ الرِّجَالِ؟ فَقَالَ: أَبُوْهَا. قُلْتُ: ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: ثُمَّ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ. فَعَدَّ رِجَالاً.

Bahwasanya Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam mengutusnya memimpin pasukan ke Dzat as-Salaasil, maka kutemui beliau lalu bertanya, “Siapakah orang yang paling engkau cintai?”, “‘Aisyah”, tukas beliau, kemudian aku bertanya, “Dari golongan lelaki?”, “Ayahnya”, tukas beliau. Aku berkata, “Kemudian siapa?”, “Kemudian Umar bin al-Khoththob”, lalu beliau menyebutkan beberapa orang”.[5]

4. Pernah wahyu Alloh turun kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam ketika beliau sedang bersama ‘Aisyah dalam satu selimut
Sebagaimana disebutkan dalam hadits Urwah dari ayahnya, berkata:

كَانَ النَّاسُ يَتَحَرَّوْنَ بِهَدَايَاهُمْ يَوْمَ عَائِشَةَ، قَالَتْ عَائِشَةُ؛ فَاجْتَمَعَ صَوَاحِبِي إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ، فَقُلْنَ: يَا أُمَّ سَلَمَةَ، وَاللَّهِ إِنَّ النَّاسَ يَتَحَرَّوْنَ بِهَدَايَاهُمْ يَوْمَ عَائِشَةَ، وَإِنَّا نُرِيْدُ الْخَيْرَ كَمَا تُرِيدُهُ عَائِشَةُ، فَمُرِيْ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَأْمُرَ النَّاسَ أَنْ يُهْدُوْا إِلَيْهِ حَيْثُ مَا كَانَ أَوْ حَيْثُ مَا دَارَ، قَالَتْ: فَذَكَرَتْ ذَلِكَ أُمُّ سَلَمَةَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ؛ فَأَعْرَضَ عَنِّي، فَلَمَّا عَادَ إِلَيَّ ذَكَرْتُ لَهُ ذَاكَ، فَأَعْرَضَ عَنِّي فَلَمَّا كَانَ فِي الثَّالِثَةِ ذَكَرْتُ لَهُ فَقَالَ: يَا أُمَّ سَلَمَةَ، لاَ تُؤْذِيْنِي فِي عَائِشَةَ فَإِنَّهُ وَاللَّهِ، مَا نَزَلَ عَلَيَّ الْوَحْيُ وَأَنَا فِي لِحَافِ امْرَأَةٍ مِنْكُنَّ غَيْرِهَا.

“Adalah para sahabat dahulu menyengaja memberikan hadiah-hadiah mereka (kepada Nabi) ketika giliran ‘Aisyah, kata ‘Aisyah: Maka berkumpullah para maduku di tempat Ummu Salamah lalu berkata, “Wahai Ummu Salamah, demi Alloh orang-orang menyengaja memberikan hadiah-hadiah mereka pada giliran ‘Aisyah dan bahwasanya kamipun menghendaki kebaikan sebagaimana ‘Aisyah menghendakinya, maka mintalah kepada Rosululloh agar memerintahkan orang-orang untuk memberikan hadiah mereka kepada beliau di manapun giliran beliau,” kata ‘Aisyah; maka Ummu Salamah menyebutkan hal itu kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam. Kata Ummu Salamah beliau berpaling dariku, ketika beliau kembali pada giliranku, aku sebutkan lagi hal itu, maka beliau berpaling dariku, ketika aku menyebutkan hal itu ketiga kalinya, beliau berkata, “Wahai Ummu Salamah, jangan engkau menyakitkan aku lantaran ‘Aisyah karena sesungguhnya -demi Alloh- tidak pernah turun kepadaku wahyu sedang aku berada di selimut seorang istriku di antara kamu, kecuali dia.”[6]

5. Jibril mengucapkan salam buatnya
Pada suatu hari Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya:

يَا عَائِشَ هَذَا جِبْرِيْلُ يُقْرِئُكِ السَّلاَمَ. فَقُلْتُ؛ وَعَلَيْهِ السَّلامُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، تَرَى مَا لاَ أَرَى.

“Wahai ‘Aisy, ini Jibril mengucapkan salam untukmu,” aku menjawab, “Semoga salam sejahtera dan rahmat Alloh serta berbagai keberkatanNya atas beliau, (kata ‘Aisyah) engkau (Rosululloh) melihat apa yang tidak aku lihat.”[7]

6. Dengan sebab ‘Aisyah keberkatan turun kepada kaum Mukminin

أَنَّهَا اسْتَعَارَتْ مِنْ أَسْمَاءَ قِلاَدَةً فَهَلَكَتْ، فَبَعَثَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلاً فَوَجَدَهَا، فَأَدْرَكَتْهُمْ الصَّلاَةُ وَلَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ فَصَلَّوْا، فَشَكَوْا ذَلِكَ إِلَى رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَنْزَلَ اللَّهُ آيَةَ التَّيَمُّمِ، فَقَالَ أُسَيْدُ بْنُ حُضَيْرٍ لِعَائِشَةَ: جَزَاكِ اللَّهُ خَيْرًا، فَوَاللَّهِ مَا نَزَلَ بِكِ أَمْرٌ تَكْرَهِيْنَهُ إِلاَّ جَعَلَ اللَّهُ ذَلِكِ لَكِ وَلِلْمُسْلِمِينَ فِيْهِ خَيْرًا.

Bahwasanya ‘Aisyah pernah meminjam dari Asma’ sebuah kalung lalu kalung itu hilang, maka Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam mengutus seseorang mencarinya lalu dia menjumpai kalung tersebut, kemudian masuk waktu sholat sementara tidak ada air bersama mereka lalu merekapun sholat, kemudian mereka mengadukan hal tersebut kepada Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam, maka Allohpun menurunkan ayat tentang tayammum, maka Usaid bin Hudhair berkata kepada ‘Aisyah, “Semoga Alloh membalasmu dengan kebaikan, demi Alloh tidaklah menimpamu sesuatu yang engkau benci melainkan Alloh menjadikan padanya kebaikan bagimu dan bagi kaum muslimin.”[8]

Perhatikan pula kesaksian Abdulloh bin Abbas rodhiyallohu ‘anhumaa tentang kemuliaan Ummul Mukminin ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa:

جَاءَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ يَسْتَأْذِنُ عَلَى عَائِشَةَ فَجِئْتُ وَعِنْدَ رَأْسِهَا ابْنُ أَخِيهَا عَبْدُ اللَّهِ بِنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ فَقُلْتُ هَذَا ابْنُ عَبَّاسٍ يَسْتَأْذِنُ فَأَكَبَّ عَلَيْهَا ابْنُ أَخِيهَا عَبْدُ اللَّهِ فَقَالَ: هَذَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ يَسْتَأْذِنُ وَهِيَ تَمُوْتُ. فَقَالَتْ: دَعْنِي مِنِ ابْنِ عَبَّاسٍ. فَقَالَ: يَا أُمَّتَاهُ إِنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ مِنْ صَالِحِي بَنِيكِ لِيُسَلِّمْ عَلَيْكِ وَيُوَدِّعْكِ. فَقَالَتْ: اِئْذَنْ لَهُ إِنْ شِئْتَ.
قَالَ: فَأَدْخَلْتُهُ. فَلَمَّا جَلَسَ قَالَ: أَبْشِرِي. فَقَالَتْ أَيْضًا. فَقَالَ: مَا بَيْنَكِ وَبَيْنَ أَنْ تَلْقَيْ مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاْلأَحِبَّةَ إِلاَّ أَنْ تَخْرُجَ الرُّوحُ مِنْ الْجَسَدِ, كُنْتِ أَحَبَّ نِسَاءِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَلَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحِبُّ إِلاَّ طَيِّبًا، وَسَقَطَتْ قِلاَدَتُكِ لَيْلَةَ اْلأَبْوَاءِ، فَأَصْبَحَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى يُصْبِحَ فِي الْمَنْزِلِ، وَأَصْبَحَ النَّاسُ لَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: {فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا}.
فَكَانَ ذَلِكَ فِي سَبَبِكِ، وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لِهَذِهِ اْلأُمَّةِ مِنَ الرُّخْصَةِ، وَأَنْزَلَ اللَّهُ بَرَاءَتَكِ مِنْ فَوْقِ سَبْعِ سَمَوَاتٍ، جَاءَ بِهِ الرُّوْحُ اْلأَمِيْنُ. فَأَصْبَحَ لَيْسَ لِلَّهِ مَسْجِدٌ مِنْ مَسَاجِدِ اللَّهِ يُذْكَرُ اللَّهُ فِيهِ إِلاَّ يُتْلَى فِيْهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ.

Abdulloh bin Abbas meminta ijin untuk menemui ‘Aisyah, maka aku datangi(nya) sementara kemenakannya -Abdulloh bin Abdurrohman (bin Abu Bakar ash-Shiddiq, pent.)- berada di sisi kepalanya, lalu aku (Zakwan) berkata, “Ada Ibnu Abbas, dia meminta ijin (untuk masuk menemuimu, pent.)”, maka Abdulloh sang kemenakan membisikinya, ia berkata, “Ada Ibnu Abbas, dia meminta ijin -ketika itu ‘Aisyah dalam keadaan sakaratul maut-”, maka ‘Aisyah berkata, “Biarkan aku dari Ibnu Abbas”, maka (sang kemenakan) berkata:

“يَا أُمَّتَاهُ إِنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ مِنْ صَالِحِي بَنِيْكِ لِيُسَلِّمْ عَلَيْكِ وَيُوَدِّعْكِ”

“Wahai ibuku, bahwasanya Ibnu Abbas salah seorang di antara anak-anakmu yang sholih, biarkan dia ucapkan salam kepadamu dan melepaskan kepergianmu.”
Maka ‘Aisyah berkata, “Ijinkah dia jika kamu menghendaki.”
Zakwan berkata; Lalu aku memperkenankannya masuk. Maka setelah duduk, Ibnu Abbas berkata (kepada ‘Aisyah, pent), “Bergembiralah engkau!”, ‘Aisyahpun mengucapkan kalimat yang sama. Lalu Ibnu Abbas berkata, “Tiada penghalang antara engkau dan pertemuanmu dengan Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam serta para kekasih, kecuali dengan keluarnya roh dari jasad(mu), engkau adalah istri Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam yang paling dicintainya, dan Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam tidak pernah mencintai kecuali yang baik. Kalungmu terjatuh pada malam peristiwa Abwa’ sementara para sahabat di pagi hari tidak menjumpai air, maka Alloh menurunkan (firmanNya):

{ فَتَيَمَّمُوْا صَعِيدًا طَيِّبًا }

Maka bertayammumlah kamu dengan tanah yang baik (bersih). (QS. al-Ma’idah: 6)
Semua itu karena sebabmu dan karenanya Alloh menurunkan keringanan untuk umat ini. Demikian pula, Alloh turunkan pembersihan dirimu dari atas tujuh lapis langit yang dibawa oleh Ruhul Amin (Jibril), maka tiada satu masjid pun dari masjid-masjid Alloh yang disebut nama Alloh padanya, melainkan ayat-ayat itu dibaca sepanjang malam dan siang.”

7. Nabi ketika sakit meminta keridhoan para istri yang lain untuk beliau sakit di rumah ‘Aisyah lalu merekapun mengijinkan beliau
Dari Utbah bin Mas’ud rodhiyallohu ‘anhu berkata, bahwasanya ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa – istri Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam – berkata:

“لَمَّا ثَقُلَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَأْذَنَ أَزْوَاجَهُ أَنْ يُمَرَّضَ فِي بَيْتِي، فَأَذِنَّ لَهُ”.

Tatkala Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam sakit berat, beliau meminta ijin kepada istri-istrinya agar beliau dirawat di rumahku.[9]

8. Sayyidah ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa adalah istri Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam di dunia dan di akhirat
Simaklah ucapan sahabat Ammar bin Yasir rodhiyallohu ‘anhu berkata:

لَمَّا بَعَثَ عَلِيٌّ عَمَّارًا وَالْحَسَنَ إِلَى الْكُوفَةِ لِيَسْتَنْفِرَهُمْ، خَطَبَ عَمَّارٌ فَقَالَ: إِنِّي َلأَعْلَمُ أَنَّهَا زَوْجَتُهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَلَكِنَّ اللَّهَ ابْتَلاَكُمْ لِتَتَّبِعُوْهُ أَوْ إِيَّاهَا.

Ketika Ali mengutus Ammar dan al-Hasan ke Kufah untuk memerintahkan mereka keluar berperang, Ammar berpidato lalu berkata, “Sesungguhnya aku benar-benar mengetahui bahwasanya dia (‘Aisyah) adalah istri beliau (Rosululloh) di dunia dan di akhirat, namun Alloh menguji kalian apakah kalian mengikuti dia (Ali) atau beliau (‘Aisyah).”[10]

9. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam di dunia dan di akhirat, selalu merindukan rumah ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa ketika beliau sakit
Dari Hisyam dari ayahnya berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا كَانَ فِي مَرَضِهِ جَعَلَ يَدُورُ فِي نِسَائِهِ وَيَقُولُ: أَيْنَ أَنَا غَدًا؟! أَيْنَ أَنَا غَدًا؟! حِرْصًا عَلَى بَيْتِ عَائِشَةَ، قَالَتْ عَائِشَةُ: فَلَمَّا كَانَ يَوْمِي سَكَنَ.

Bahwasanya Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam ketika sakit, beliau bergilir di tempat para istri beliau dan bertanya, “Besok aku di mana?!, besok aku di mana?!”, karena semangat beliau untuk berada di rumah ‘Aisyah, ‘Aisyah berkata, “Maka tatkala beliau berada pada hari giliranku, beliau tenang.”[11]

Ummul Mukminin ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anhaa, wanita mulia pilihan Alloh untuk menjadi salah satu istri RosulNya yang termulia. Kemuliaan dan kesucian dirinya disebutkan Alloh dalam al-Qur’an.[12] Maka orang yang terus mencela atau menuduh beliau rodhiyallohu ‘anhaa dengan tuduhan yang batil setelah disucikan Alloh Ta’ala dalam al-Qur’an, orang tersebut kafir menurut ijma’/kesepakatan kaum muslimin. Karena, dengan demikian mereka mengingkari al-Qur’an dan menikam Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam yang telah menjadikannya sebagai istri kecintaannya. Memang mereka adalah orang-orang munafik yang mengingkari al-Qur’an yang diterima secara mutawatir (secara pasti kebenarannya) oleh para sahabat dari Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam, dan Rosululloh shollallohu ‘ alaihi wasallam menerimanya dari Jibril ‘alaihis salam dan Jibril ‘alaihis salam menerima langsung dari Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Semoga Alloh mengumpulkan kami bersama ayah kami, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam dan para ibu kami -para istri beliau shollallohu ‘alaihi wasallam yang mulia-. Semoga ridho Alloh senantiasa menyertai mereka.

Catatan kaki:

1. Alasan mereka itu ialah bahwa mereka telah melaksanakan perintah Alloh untuk memberi peringatan.
2. HR Bukhori no. 4687
3. Dalam riwayat Bukhori sebanyak dua kali
4. HR Bukhori dan Muslim, dan ini redaksi dari Shohih Muslim
5. HR Bukhori dan Muslim
6. HSR Bukhori no. 2393
7. HSR Bukhori no. 5733
8. HR Bukhori no. 324
9. HR Bukhori no. 2868, dll
10. HR Bukhori no. 3488
11. HR Bukhori no. 3490
12. Lihat QS an-Nuur: 11-20 dan baca penjelasannya dalam Tafsir Ibnu Katsir

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan kritik&saran anda ke komentar berikut

Donasi Dakwah

Donasi Dakwah "Mutsla"

Menebar Manfaat kepada sesama

Donasi ke :
Bank Muamalat no rek 7010115446
Bank BCA no rek 2140695397
a.n Syahroni Nur Wachid

Konfirmasi transfer ke : 082131174151
"Nama-Asal-Jumlah"

Donasi Dakwah Mutsla, menebar manfaat kepada sesama

.

.
Terjemahan Al-qur'an per Kata